Interaksi Manusia dan Komputer – 5

Window

Sebuah area dilayar berbentuk segi empat, memiliki batas – batas dan bagian yang menunjukkan aktivitas komputer atau bagian yang memungkinkan manusia berdialog dengan komputer.

Karakteristik Window

  • Identitas window (nama atau judul)
  • Ukuran (tinggi dan lebar)
  • Status (aktif atau pasif)
  • Visibilitas (bagian yang dapat dilihat atau tersembunyi dibalik window lain)
  • Lokasi (relatif terhadap batas layar)
  • Tampilan (tiled, overlap, cascading)
  • Kemampuan Manajemen (metode manipulasi window pada layar)
  • Highlight (bagian yang dipilih)
  • Fungsi, task, atau aplikasi yang didukung

Dukungan Windows

  • Harus dapat mendukung pekerjaan manusia yang memerlukan banyak sumber, berpindah – pindah dari satu tugas ke tugas lainnya, dapat dihentikan sewaktu – waktu, diulang, diubah, dan dilanjutkan lagi.
  • Harus meringankan beban memori manusia

Tampilan Windows

  • Menampilkan informasi dalam beberapa level
  • Menampilkan berbagai jenis informasi
  • Menampilkan beberapa level dan jenis informasi secara sekuensial
  • Mengakses dan mengkombinasikan berbagai sumber informasi
  • Melaksanakan lebih dari satu task
  • Mengingatkan pengguna (pilihan menu, rencana)
  • Mengawasi perubahan internal dan eksternal
  • Menampilkan sebuah task dalam beberapa representasi yang berbeda
  • Mengatasi pertimbangan historis, batasan perangkat keras, dan batasan manusia

Pertimbangan Historis

  • Panduan desain yang ada biasanya hanya menyelesaikan masalah perangkat keras, tanpa memperhatikan usabilitas
  • Standar desain yang ada sangat umum dan terbatas untuk lingkup produk tertentu
  • Tiap pengembang memperkenalkan standar dan panduan desain baru yang sesuai dengan produk mereka.

Batasan Perangkat Keras dan Manusia

  • Ukuran layar yang tersedia seringkali menjadi tantangan bagi pengguna untuk memanfaatkan window dengan optimal
  • Kecepatan pemrosesan yang rendah dan ukuran memori yang kecil
  • Kemampuan window yang terbatas

Komponen Windows

  • Frame
  • Title bar
  • Title bar icon
  • Window sizing buttons
  • Help button
  • Menu bar
  • Status/Message bar
  • Scroll bars
  • Split box
  • Tool/Command bar
  • Command area
  • Size grip
  • Work area
  • Message box
  • Palette windows
  • Pop-up windows

Gaya Tampilan Window

  • Tiled Windows (gaya tertua, menampilkan semua windows hingga memenuhi layar)
  • Overlapping (windows dapat saling bertumpuk acak)
  • Cascading Windows (overlap secara teratur)

Tipe – tipe Window

  • Primary windows (windows utama yang muncul di layar saat sebuak aktivitas atau aksi dimulai)
  • Secondary windows (windows tambahan yang dapat berupa independent maupun dependent terhadap windows primary nya)
  • Dialog box (untuk memperluas dan melengkapi interaksi dengan aksi tertentu yang sangat terbatas)

Interaction Device
Suatu mekanisme input atau device yang digunakan user untuk mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhannya kepada komputer, dan/atau mekanisme Output atau device yang digunakan komputer untuk memberikan respond kepada user.

Karakteristik Input Device

  • Untuk manipulasi data atau informasi
  • Untuk memilih sebuah objek di layar
  • Untuk mencari atau mengikuti objek yang bergerak
  • Untuk membawa sebuah objek di layar
  • Untuk membuat sesuatu dalam layar
  • Untuk menjelaskan posisi objek
  • Untuk memiliki objek atau identitas

Input Device

  • Mouse
  • Trackball
  • Joystick
  • Touch screen
  • Graphic Tablet or Trackpad
  • Keyboard
  • Voice
  • Gesture Recognition
  • Facial Expression
  • Eye Tracking
  • Fingerprint
  • Handwriting

Output Device

  • Layar (gambar, warna, ukuran)
  • Speaker (penggunaan sound bisa berupa simple beep, speech, music, dan sound effect)
Print Friendly, PDF & Email