Interaksi Manusia dan Komputer – 9

Internasionalisasi dan Kemudahan Akses
Internasionalisasi

Hari ini internet dan pasar perangkat lunak bersifat global. Itu melewati batas budaya dan bahasa yang tidak terhingga.
Pemahaman dan ingatan dapat ditingkatkan ketika informasi yang disajikan sesuai dengan budaya (Sprydakis dan Fukuoka, 2002).
Untuk membuat produk yang diterima oleh dunia, produk itu harus ter internasionalisasi. Sebuah sistem juga harus dirancang agar dapat digunakan oleh semua orang dan diakses oleh siapa saja yang ingin menggunakannya.
Konsep desain yang digunakan untuk mencapai tujuan itu disebut internasionalisasi dan aksesibilitas.

Pertimbangan Internasional

  1. Localization
    • Kapan harus dilakukan:
      • Ketika pasar memliki sedikit atau tidak ada pembicara bahasa Inggris
      • Ketika terjemahan diwajibkan oleh penegak hukum.
      • Menginginkan pasar yang luas.
    • Kapan jangan lakukan itu:
      • Ketika pasar sudah mengerti bahasa Inggris.

Pertimbangan Budaya
Hofstede (1980, 1997, 2001) telah memvalidasi 5 dimensi independen dimana budaya bervariasi:

  1. Jarak kekuasaan adalah tingkat penerimaan ketidaksertaan kekuasaan dan otoritas.
  2. Individualisme (vs. Kolektivisme) mencerminkan seberapa baik integrasi seseorang dalam kelompok yang lebih besar.
  3. Maskulinitas (vs. Feminitas) adalah keseimbangan antara ketegasan atau ketangguhan dan dukungan atau kepedulian
  4. Penghindaran ketidakpastian adalah tingkat kenyamanan dengan tidak terstruktur dan kondisi yang berpotensi tidak terduga.
  5. Orientasi jangka panjang (vs. Jangka pendek) adalah trade-off antara imbalan jangka panjang dan pengakuan langsung.

Kata – kata dan Teks

  • Gunakan bahasa Inggris yang sangat sederhana
  • Hindari akronim, singkatan, slang atau ungkapan yang tidak jelas, gaya penulisan telegrafis, dan contoh budaya tertentu
  • Patuhi idiom bahasa pengguna lokal dan konteks budaya
  • Pertahankan istilah aslinya untuk kata – kata yang tidak dapat diterjemahkan
  • Posisi keterangan ikon diluar grafik
  • Ubah mnemonik untuk akses keyboard

Gambar dan Simbol

  • Mematuhi norma budaya dan sosial setempat
  • Gunakan simbol yang diterima secara Internasional
  • Kembangkan gambar umum
  • Berhati – hatilah dengan simbol agama, tubuh manusia, perempuan, gerakan tangan, bendera, peta geografis yang kontroversial, dan tanda silang serta centang kotak.
  • Tinjau gambar grafis yang diusulkan diawal siklus desain.

Warna, Urutan, dan Fungsionalitas

  • Patuhi konotasi warna lokal dan konvensi
  • Berikan informasi yang tepat urutan
  • Menyediakan fungsionalitas yang tepat
  • Hapus semua referensi ke fitur yang tidak didukung

Penentuan dan Pengujian Persyaratan

  • Menetapkan persyaratan internasional di awal produk pengembangan.
  • Jalin hubungan di dalam budaya sasaran.
  • Uji produk seolah – olah baru
Print Friendly, PDF & Email