Interaksi Manusia dan Komputer – 6

Screen-Based Control

Screen Control
Biasa disebut juga Widgetsadalah objek grafik yang merepresentasikan properti atau operasi dari objek lain.
Fungsi:

  • Mengizinkan pemilihan nilai tertentu
  • Mengizinkan suatu perubahan atau pengeditan nilai tertentu
  • Hanya menampilkan bagian teks, nilai, atau grafik
  • Membutuhkan perintah ketika dilakukan
  • Memiliki pop-up windows

3 Prinsip Penting

  1. Sebuah kontrol harus:
    • Lihat cara kerjanya
    • Bekerja seperti yang dilihat
  2. Dipakai persis seperti yang dimaksudkan desainnya
  3. Dipresentasikan dengan cara standar

Operable Buttons (Tombol yang dapat dioperasikan)

  • Berbentuk persegi atau persegi panjang dengan label didalamnya
  • Label terdiri dari teks, grafik atau bahkan keduanya

Tujuan

  • Untuk memulai aksi
  • Untuk mengubah properti
  • Untuk menampilkan pop-up

Jenis

  • Command Buttons
  • Toolbar Buttons

Pada Windows

  • Menampilkan jendela lain
  • Menampilkan menu opsi
  • Mengatur mode atau nilai properti

Pada Web

  • Digunakan pada link untuk menampilkan informasi

Text Entry (Read-Only Control)
Biasanya disebut juga dengan Fieldatau Text Box.

  • Biasanya berbentuk persegi panjang
  • Memiliki keterangan atau label yang menjelaskan jenis informasi yang ada di dalamnya
  • Ada dua tipe yaitu Single Line dan Multiple-Line

Selection Control
Menampilkan semua kemungkinan alternatif, kondisi, atau pilihan yang ada untuk entitas, properti, atau nilai di layar.

  • Jenis:
    • Radio Button
    • Check Box
    • List box
    • List view control
    • Drop down atau Pop-up list box

Presentation Control

  • Static Text Fields
  • Group Box
  • Column Headings
  • Tool tip

Screen Text and Messages

Readability
Faktor yang mempengaruhi Keterbacaan atau Readability:

  • Panjang kata
  • Kesamaan kata
  • Panjang kalimat
  • Jumlah suku kata dalam sebuah kalimat
  • Informasi terorganisasi, tata letak serta formatnya

Panduan Readability

  • Tulis pada tingkat keterbacaan di bawah tingkat keterampilan audiens yang dituju
  • Terapkan semua prinsip lainnya untuk penulisan yang jelas

Menulis Kalimat dan Pesan
Pesan adalah komunikasi yang disediakan layar untuk pengguna.

  • Singkat dan sederhana
  • Tidak lebih dari 20 kata perkalimat
  • Tidak lebih dari 6 kalimat per paragraf
  • Pernyataan afirmatif
  • Tidak otoriter
  • Tidak mengancam
  • Tidak menggurui
  • Tidak menghukum

Jenis Pesan
Pesan Layar

  • Pesan Sistem
    Agar pengguna dapat mendapat informasi tentang status dan aktivitas sitem. (Status, Informational, Warning, Critical, Question)
  • Pesan Instruksional
    Pesan yang memberi tahu pengguna cara kerja dengan, atau menyelesaikan layar yang ditampilkan.

Menulis Teks Kotak Pesan
Judul Bar

  • Identifikasi sumber pesan dengan jelas
  • Jangan memasukkan indikasi jenis pesan

Kotak Pesan

  • Berikan gambaran yang jelas dan ringkas tentang penyebab kondisi tersebut
  • Gunakan kalimat lengkap dengan tanda baca akhir
  • Sebutkan masalah, kemungkinan penyebabnya (jika diketahui), dan apa pengguna dapat melakukannya
  • Hindari kontraksi
  • Jangan melebihi 2 sampai 3 garis
  • Sertakan ikon yang berhubungan dengan pesan
  • Posisi teks ada ditengah window
Print Friendly, PDF & Email