Interaksi Manusia dan Komputer – 13

Game Interface Design

Apa itu Game ?

  • Permainan komputer adalah sebuah perangkat lunak, bukan board game atau sports.
  • Sebuah game komputer melibatkan pemain.
  • Bermain game adalah tentang membuat keputusan. Pemain juga menginginkan gameplay permainan yang menarik dan bagus.
  • Game membutuhkan sebuah tujuan. Game yang panjang mungkin membutuhkan sebuah sub-tujuan.

Apa perbedaan antara mainan, puzzle, dan sebuah game ?

  • Mainan atau Toys digunakan hanya untuk bermain, tidak ada peraturan atau tujuan.
  • Puzzle memiliki sebuah tujuan akan tetapi biasanya tidak memiliki aturan, kecuali Rubik.
  • Game memiliki ketiganya, bermain, tujuan dan aturan.

Game Interface Type

  • Non-diegetic Representation
  • Spatial Representation
  • Meta Representation
  • Diegetic Representation

Seven Stage of Action

  • Goals ? Intention of Act ? Sequance fo Action ? Execution of Action Sequance ? The Game
    The Game ? Perceiving states ? Interpreting perceptions ? Evaluating interpretetaions ? Goals

Eksekusi

  • Intention of act
  • Sequance of action
  • Execution of action sequence

Evaluasi

  • Evaluating interpretations
  • Interpreting perceptions
  • Perceiving states

Goals atau Tujuan

  • Memodelkan keadaan yang diinginkan
  • Hasil yang diinginkan dari suatu tindakan

Intention of act

  • Pernyataan spesifik tentang apa yang harus dilakukan

Sequence of action

  • Perintah – perintah internal akan dilakukan

Execution of action sequence

  • Pemain memanipulasi variabel kontrol

Perceiving state

  • Variabel status terungkap melalui interface

Interpreting perceptions

  • Interpretasi berdasarkan model sistem

Evaluates interpretations

  • Keadaan saat ini dibandigkan dengan niat dan tujuan
Print Friendly, PDF & Email