Interaksi Manusia dan Komputer – 3

Persona (II)

Langkah – langkah membuat Persona

  1. Menentukan tipe Persona
  2. Lakukan riset dan interview kepada target untuk mengumpulkan data
  3. Menuliskan detail Persona
  4. Lakukan pengelompokkan pada user target
  5. Diskusikan hasil Persona sebelum dipublikasi
  6. Publikasi Persona

Menentukan definisi dan kebutuhan analisi bisnis
Pada tahap ini berfungsi untuk menetapkan kebutuhan dari sebuah sistem. Pembuat sistem harus mengerti kebijakan dan budaya kerja di bisnis atau organisasi. Pengumpulan data merupakan bagian penting pada fase ini. Berikut ini metode pengumpulan data:

  1. Direct Observation (Observasi Langsung)
    Ini memungkinkan bagi peneliti untuk mengumpulkan data mengenai perilaku dan kejadian secara detail.
  2. Questionnaire (Kuisioner)
    Memberikan tanggungjawab kepada responden dan menjawab pertanyaan.
  3. Interview (Wawancara)
    Metode survey yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada responden atau subjek penelitian.

Menentukan Fungsi Dasar Bisnis
Menjelaskan secara rinci dari sistem atau produk yang akan disiapkan. Sistem utama juga dituliskan serta dijelaskan.

Mode Mental
Representasi dari konsep dan pemahaman seseorang terhadap sistem atau sesuatu. Dikembangkan secara bertahap melalui pengalaman, pelatihan, dan pengajaran. Ini memungkinkan seseorang untuk memprediksi tindakan yang diperlukan.

Task Analysis
Serangkaian aktivitas yang mengubah sistem dari keadaan atau kondisi awal menjadi tujuan tertentu atau kondisi yang diinginkan. Teknik populer yang sering digunakan dalam Task Analysis adalah Hierarchical Task Analysis (HTA).

Mengembangkan Model Konseptual
Menjelaskan bagaimana interface menampilkan objek, hubungan antar objek, properti objek, dan tindakan yang dilakukan. Model konseptual didasarkan pada user Model Mental.

Mendefinisikan Objek
Identifikasi objek dan tindakan yang paling sering muncul dalam alur kerja sistem. Buatlah beberapa objek terpenting menjadi sangat jelas dan mudah untuk dimanipulasi. Tentukan semua objek yang harus dimanipulasi untuk menyelesaikan sebuah sistem.

Mengembangkan Metafora
Metafora adalah konsep dimana pengetahuan seseorang tentang satu hal digunakan untuk memahami hal lain.

Tetapkan Standar Desain
Dalam tahap ini akan menjelaskan tampilan dan perilaku interface dan memberikan beberapa panduan tentang penggunaan sistem yang tepat. Ini juga mendefinisikan printip interface, aturan, pedoman, dan konvensi yang harus diikuti. Didasarkan pada karakteristik perangkat keras dan perangkat lunak sistem.

Menetapkan Tujuan Desain Fungsi Sistem
Pakai semua sumber referensi yang tersedia dalam membuat pedoman. Lakukan pengembangan dan implementasi yang mendukung pada pedoman.

Pelatihan Sistem dan Kebutuhan Dokumentasi
Pelatihan sistem didasarkan pada kebutuhan pengguna, desain konseptual, pembelajaran sistem, dan tujuan kinerja sistem. Dokumentasi adalah titik referensi, bentuk komunikasi, dan desain yang lebih konkret, serta kata – kata yang dapat dilihat dan dipahami. Ini juga didasarkan pada kebutuhan pengguna, desain konseptual sistem, dan tujuan kinerja sistem. Setiap potensi masalah dapat diidentifikasi dan ditangani lebih awal dalam proses desain, dan juga mengurangi masalah di kemudian hari.

Desain Antarmuka dan Layar yang Baik
Mencerminkan kemampuan, kebutuhan, dan tugas penggunanya. Dikembangkan dalam batasan fisik yang dipaksakan ditampilkan oleh perangkat keras. Mencapai tujuan bisnis dari sistem yang dirancang.

Tujuan Desain Antarmuka
Kurangi pekerjaan visual, kurangi pekerjaan intelektual, kurang kerja memori, kurangi kerja motorik, minimalkan atau bahkan menghilangkan beban atau instruksi pada teknologi.

Print Friendly, PDF & Email