Game Interface Design
Apa itu Game ?
- Permainan komputer adalah sebuah perangkat lunak, bukan board game atau sports.
- Sebuah game komputer melibatkan pemain.
- Bermain game adalah tentang membuat keputusan. Pemain juga menginginkan gameplay permainan yang menarik dan bagus.
- Game membutuhkan sebuah tujuan. Game yang panjang mungkin membutuhkan sebuah sub-tujuan.
Apa perbedaan antara mainan, puzzle, dan sebuah game ?
- Mainan atau Toys digunakan hanya untuk bermain, tidak ada peraturan atau tujuan.
- Puzzle memiliki sebuah tujuan akan tetapi biasanya tidak memiliki aturan, kecuali Rubik.
- Game memiliki ketiganya, bermain, tujuan dan aturan.
Game Interface Type
- Non-diegetic Representation
- Spatial Representation
- Meta Representation
- Diegetic Representation
Seven Stage of Action
- Goals ? Intention of Act ? Sequance fo Action ? Execution of Action Sequance ? The Game
The Game ? Perceiving states ? Interpreting perceptions ? Evaluating interpretetaions ? Goals
Eksekusi
- Intention of act
- Sequance of action
- Execution of action sequence
Evaluasi
- Evaluating interpretations
- Interpreting perceptions
- Perceiving states
Goals atau Tujuan
- Memodelkan keadaan yang diinginkan
- Hasil yang diinginkan dari suatu tindakan
Intention of act
- Pernyataan spesifik tentang apa yang harus dilakukan
Sequence of action
- Perintah – perintah internal akan dilakukan
Execution of action sequence
- Pemain memanipulasi variabel kontrol
Perceiving state
- Variabel status terungkap melalui interface
Interpreting perceptions
- Interpretasi berdasarkan model sistem
Evaluates interpretations
- Keadaan saat ini dibandigkan dengan niat dan tujuan